Suara Hati Online

Berita Online Terlengkap Indonesia

30 September 2022

Pada September 2022, POCO merilis dua HP pada lini POCO M Series yang telah lama ditunggu masyarakat. HP yang mengisi lini POCO M Series tersebut adalah POCO M5 dan POCO M5s. Kedua HP ini dirilis dengan spesifikasi yang siap bersaing di HP kelas menengah.

POCO M5 dan POCO M5s hadir dengan kompak ditenagai oleh chipset lini MediaTek Helio G Series tetapi dengan jenis yang berbeda. POCO M5 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G99, sedangkan POCO M5s ditenagai oleh MediaTek Helio G95.

Sementara itu, kedua HP ini memiliki perbedaan yang cukup kentara di bagian belakang, terutama pada bagian desain dan modul kameranya. POCO M5 hanya membawa tiga susunan kamera, sedangkan POCO M5s memiliki empat susunan kamera.

Kedua HP ini dibanderol dengan harga yang berbeda, tetapi tetap berada di kelas yang sama. Jika Anda penasaran dengan spesifikasi dan kualitas yang diberikan oleh POCO M Series terbaru ini, tenang saja. Dalam artikel ini, kami akan mendeskripsikan beberapa perbedaan yang dimiliki oleh POCO M5 dan POCO M5s yang baru rilis ini.

Spesifikasi POCO M5

Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi POCO M5s

POCO M5s
Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 4 GB, 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Perbedaan POCO M5 dan POCO M5s

Jika melihat sekilas dari spesifikasinya, terdapat beberapa perbedaan yang mulai terbayang seperti pada bagian kamera, chipset, bahkan tampilan layar dan fitur lainnya. Anda masih merasa kurang puas? Jika begitu, simak sampai habis artikel ini, ya!

1. Desain khas POCO

POCO M5

Secara fisik, desain atau tampilan yang disuguhkan HP POCO terbaru ini bisa dibilang POCO banget. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup banyak dari segi tampilan baik di bagian depan atau belakang.

Pada bagian depan, POCO M5 menyimpan kamera depan atau kamera selfie-nya di sebuah poni dengan desain tetesan air atau waterdrop. Sementara di bagian belakangnya terdapat wadah kamera yang membentang lebar bahkan sampai menyentuh tepi samping bodi dari HP tersebut.

Sementara itu, POCO M5s hadir membawa tampilan lebih simpel dengan menyimpan kamera depan di dalam sebuah punch hole, sehingga terlihat seperti ada lubang kecil tepat di atas layar. Lalu, di bagian belakangnya juga terdapat wadah kamera tetapi tidak lebih lebar dari POCO M5 untuk empat kamera yang dibawanya.

Kedua HP ini menyediakan tiga variasi warna sebagai pilihan. POCO M5 menyediakan warna Black, Green, dan Yellow. Di samping itu, POCO M5s juga menyediakan tiga variasi warna, yaitu Gray, Blue, dan White.

2. Dimensi dan Bobot

POCO M5

Sebagai sebuah HP, semakin kecil bobot yang dimiliki maka semakin nyaman untuk digunakan, tetapi hal tersebut tergantung kepada fitur yang dibawanya. Dalam hal ini, POCO M5 memiliki bobot yang lebih berat yaitu 201 g dengan dimensi 164 x 76,1 x 8,9 mm. Meskipun begitu, HP ini telah dibekali Gorilla Glass 3 sebagai pelindung layar tersebut.

Sementara itu, POCO M5s hadir dengan bobot dan dimensi yang lebih kecil, sehingga menambah kenyamanan dalam penggunaannya. POCO M5s memiliki bobot 178,8 g dengan dimensi 160,5 x 74,5 x 8,3 mm.

3. Kemampuan Layar

POCO M5

Dalam sektor layar, kedua HP ini memiliki jenis panel layar dan tingkat refresh rate yang berbeda. POCO M5 dibekali layar dengan panel IPS LCD berukuran 6,58 inci dan mampu mencapai resolusi Full HD+. Refresh rate yang berhasil dicapai HP ini adalah 90Hz dan touch sampling rate hingga 240Hz.

Sementara itu, POCO M5s memiliki jenis panel layar AMOLED berukuran 6,43 inci dengan resolusi yang mencapai Full HD+. Sayangnya, refresh rate yang dimiliki HP ini hanya 60Hz saja. Namun, baik POCO M5 atau POCO M5s telah dibekali Corning Gorilla Glass 3 sebagai pelindung dari layar HP tersebut.

4. MediaTek Helio G99 vs MediaTek Helio G95

POCO M5s

Seperti yang telah disebutkan di awal, kedua HP POCO terbaru di lini M Series ini kompak memilih MediaTek Helio G Series sebagai otak untuk mendapatkan performa yang baik. Dengan menggunakan MediaTek meskipun jenisnya berbeda, HP terbaru POCO ini mampu beroperasi dengan performa yang mumpuni dan bersaing di kelasnya.

POCO M5 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G99 dengan fabrikasi 6 nm. Chipset ini memiliki delapan inti CPU yang terdiri dari dua inti ARM Cortex A76 berkecepatan 2,2 GHz dan enam inti ARM Cortex A55 berkecepatan 2 GHz. Selain itu, chipset ini telah didukung oleh kartu pengolah grafis, yaitu GPU Mali G57 MC2.

Sementara itu, POCO M5s ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G95 dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini memiliki delapan inti CPU yang terdiri dari dua inti ARM Cortex A76 dengan kecepatan 2,05 GHz dan enam inti ARM Cortex A55 dengan kecepatan 2 GHz. Chipset ini juga memiliki dukungan kartu pengolah grafis, yaitu GPU Mali G76 MC4.

Baik POCO M5 atau pun POCO M5s, keduanya telah berlandaskan pada sistem operasi Android 12 dengan MIUI terbaru, yaitu MIUI 13.

5. Kapasitas Baterai Besar

POCO M5

Untuk mendukung performa yang dihasilkan dari chipset masing-masing, kedua HP ini telah didukung oleh kapasitas baterai yang cukup besar. Kedua HP POCO terbaru ini memiliki kapasitas baterai mencapai 5000 mAh.

Meskipun memiliki kapasitas yang sama, POCO M5 memiliki fitur fast charging lebih kecil yaitu hanya 18 W. Sedangkan POCO M5s telah didukung fitur fast charging yang lebih cepat mencapai 33 W, bahkan HP ini diklaim mampu mengisi daya hingga 64% dengan waktu sekitar 30 menit saja.

6. Konfigurasi Kamera

POCO M5s

Beralih ke sektor kamera, HP POCO terbaru di 2022 ini ini memiliki perbedaan cukup banyak dalam konfigurasi kameranya. POCO M5s memiliki modul kamera lebih banyak dengan jumlah empat kamera, sedangkan POCO M5 hanya memiliki tiga susunan kamera belakang saja.


———————————-

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs ini adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita).”